Proses Komunikasi Dalam Jaringan

Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokaatuh.

Disini kita akan membahas tentang proses komunikasi yang ada dalam jaringan.

Apa saja yang akan kita bahas? Ini dia :
1. Pengertian komputer,
2. Jaringan komunikasi berdasarkan jangkauannya,
3. Jaringan komunikasi berdasarkan fungsinya,
4. Jaringan komunikasi berdasarkan distribusi,
5. Jaringan komunikasi berdasarkan media transmisi data,
6. Jaringan berdasarkan arsitektur dan teknik yang digunakan dalam transfer data,
7. Internet Service Provider,
8. Perangkat Keras yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer.

  1. Jaringan Komputer.Jaringan Komputer merupakan suatu bentuk aturan dan metode yang menghubungkan (interkoneksi) berbagai macam device komputasi (sering disebut juga end node) sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain.
  2. Berdasarkan Area Kerja dan Letak Geografis.
    Jaringan komputer dibedakan menjadi empat, yaitu : PAN, LAN, MAN, WAN.

    1. Personal Area Network (PAN), merupakan Jaringan terbatas. Batasnya hanya dalam sebuah ruangan. Contoh dari komunikasinya adalah, sebuah perangkat handphone dihubungkan dengan bluetooth kepada sebuah PC. Areanya sekitar 10 meter – dengan kata lain, yang sangat jarak dekat. Dengan teknologi Bluetooth, dan IEEE 802,15.
    2. Local Area Network (LAN),
      Hasil gambar untuk Local Area Network
      LAN

      merupakan Jaringan privat sebuah perusahaan yang terbatas hanya dalam area perusahaan / organisasi tersebut saja. Areanya sekitar 100 M. Kebanyakan jaringan LAN sekarang mengadopsi teknologi IEEE 802.3. Standar kecepatan transfer data yang digunakan mulai dari 10 Mbps, 100 Mpbs, dan 1 Gbps.

    3. Metropolitan Area Network (MAN),pada dasarnya adalah Gabungan dari beberapa jaringan LAN dan ruang lingkupnya berada dalam satu lokasi / kota. Areanya bisa mencapai jarak 50 KM.
    4. Wide Area Network (WAN),merupakan jaringan komputer yang mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara, antara negara bahkan antara benua. Komunikasi WAN masih bersifat Privat terbatas pada suatu organisasi / perusahaan.
  3. Berdasarkan Fungsinya.
    Jaringan komputer terbagi menjadi :

    1. Jaringan Client-Server.Jaringan Client-Server didalamnya terdapat satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan menyediakan layanan ke setiap komputer client yang terhubung ke dalam jaringan tersebut.
    2. Jaringan Peer to Peer.

      Jaringan Peer to peer memungkinkan kita menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain tanpa perantara seperti switch.

  4. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data.
    Jaringan komputer dibedakan menjadi :

    1. Jaringan Terpusat, terdiri dari komputer client dan komputer server dimana client mengakses sumber informasi/data berupa file atau database yang berasal dari satu komputer server.
    2. Jaringan terdistribusi, merupakan penggabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan client membentuk sebuah sistem di dalam jaringan tersebut.
  5. Berdasarkan Media Transmisi Data.
    Jaringan komputer dibedakan menjadi :

    1. Jaringan Kabel (Wired network). Media transmisinya berupa kabel yang menghubungkan semua komputer atau device kedalam jaringan.
    2. Jaringan Nirkabel (Wireless network). Media transmisinya berupa gelombang sebagai pengganti media transmisi kabel untuk menghubungkan komputer / device kedalam jaringan.
  6. Untuk tersambung ke jaringan internet, pengguna harus menggunakan layanan khsus yang disebut ISP (Internet Service Provider). Media yang umum digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP, Point to Point Protocol). Untuk tersambung ke layanan internet dapat dilakukan melalui saluran telepon via modem dan saluran dedicated line seperti ISDN (Integrated System Digital Network) dan ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line), maupun via satelit melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal). Beberapa ISP yang ada di Indonesia :
    1. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Speedy).
    2. PT. Cyberindo Aditama (CBN).
    3. PT. Bitnet Komunikasindo (Biznet).
    4. PT. Uninet Media Sakti (Uninet).
    5. PT. First Media Tbk (Fastnet).
    6. PT. Indosat Tbk (Indosat).
    7. PT. Hutchison CP Telecommunications (Three).
    8. PT. Excelcomindo Pratama Tbk (XL).
    9. PT. Axis Media (Axis).
    10. PT. SMART Tbk (Smart).Internet Service Provider.
    11. PT Bakrie Telecom Tbk (Esia).
    12. PT Global Mediacom Tbk (Fren).
  7. Kategori Berdasarkan Arsitektur dan Teknik.
    Jaringan komputer yang digunakan dalam transfer data, dibedakan menjadi :

      1. Switched Networks, yaitu :
        – Circuit-switched networks, Proses komunikasi menggunakan model penyambungan secara terus menerus atau hubungan tetap (dedicated communications), contohnya komunikasi telepon.
        – Packetswitched networks : Informasi dikirim dalam bentuk potongan informasi yang lebih kecil dan tiap potongan dapat melalui jalur yang berbeda.
      2. Broadcast Networks, yaitu :
        – Packet radio networks,
        – Satellite networks,
        – Local networks,
        – Switched Communication Networks, data dikirim dari sumber ke tujuan melalui serangkaian node-node perantara.
  8. Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer yaitu :
    1. File Servers. Sebuah file server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan. File Servers merupakan komputer dengan Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan.
    2. Workstations. Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation
    3. Network Interface Cards. Kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45.
    4. Concentrators/Hubs. Sebuah perangkat yang menyatukan kabelkabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.
    5. Switch
      Sebuat perangkat yang memfilter dan meneruskan paket data antar segmen LAN. Switch beroperasi pada layer data link (layer 2) dan terkadang pada layer network (layer 3) untuk mensupport paket protocol.
    6. Repeater. Repeater adalah piranti yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal atau isyarat yang melewatinya, Dua sub jaringan yang dilewatkan pada repeater memiliki protokol yang sama untuk semua lapisan.
    7. Bridge. Sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan jaringan untuk kedalam dua buah jaringan, ini digunakan mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan.
    8. Router. Perangkat yang menghubungkan beberapa LAN.
    9. Connector. Terletak di ujung dari kabel yang digunakan untuk ditancapkan pada port atau interface untuk menghubungkan satu peralatan jaringan pada peralatan jaringan yang lain.
    10. Kabel. Kabel digunakan untuk membuat koneksi fisik antar komputer pada jaringan komputer.

Diterbitkan oleh LRN-

I am 16th years old. You can search me on Instagram & Twitter : @nuruladewi

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai